Bupati Malinau Semangati Ratusan Peserta Seleksi Program Desa Sarjana

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Bupati Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Wempi W Mawa, menyemangati ratusan peserta seleksi Program Desa Sarjana (PDS) tahun 2023. Bupati yakin, bahwa semangat merupakan salah satu kekuatan untuk sukses dan berhasil.

“Yakinlah pada dirimu, bahwa engkau mampu mengikuti seluruh proses ini. Yakin, engkau akan mampu mengisi semua jawaban. Tugas kalian berusaha mengikuti seluruh proses dengan baik,” tegas Bupati Wempi, Sabtu (29/7/2023).

Program Desa Sarjana merupakan salah satu program Pemerintah Daerah yang diperuntukkan untuk putra-putri daerah Kabupaten Malinau.

“Saya berdoa untuk adik-adik semua agar bisa mengikuti seluruh proses ini dengan baik. Jangan ragu, kerja keras, maksimalkan waktu yang diberikan. Bapak ingin salah satu dari kalian bisa berhasil melalui Program Desa Sarjana,” tuturnya.

Program Desa Sarjana yang merupakan satu dari 5 program inovasi Pemerintah Kabupaten Malinau kembali dilanjutkan pada tahun 2023 ini.

Program Desa Sarjana merupakan salah satu wujud program inovasi pemerintah daerah dengan memberikan kesempatan bagi warga wilayah Malinau untuk mengenyam pendidikan tinggi yang biayanya ditanggung melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malinau.

Pada tahun ini, satu dari 3 program inovasi bidang sumber daya manusia (SDM) tersebut akan kembali menjaring putra-putri terbaik di 109 desa di wilayah Malinau.

Tercatat pada tahun 2023 ini sebanyak 373 peserta PDS yang telah mengikuti tes tertulis dan wawancara.

Ini merupakan peserta terbanyak dari 3 kali seleksi yang telah diselenggarakan. Hal ini menunjukkan adanya kesadaran dari putra-putri daerah, orang tua, desa maupun efektivitas dari sosialisasi terhadap program ini.

Dari 373 peserta, sebanyak 205 PDS mengikuti tes secara tatap muka dan 168 peserta lainnya mengikuti secara daring/zoom.

Materi dalam tes yaitu tentang Pancasila, UUD 1945, wawasan kebangsaan, intelegensi umum, karakteristik pribadi, undang-undang tentang desa, visi-misi serta 5 program unggulan daerah.*

Wartawan : WA Pradana

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *