Bupati Wempi Harap Musrenbang Hasilkan Keputusan Pada Kepentingan Masyarakat

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Bupati Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Wempi W Mawa, berharap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Malinau Tahun 2023 dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2025, dapat menghasilkan sebuah keputusan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Harapan itu disampaikan saat membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Malinau Kota, Selasa (1/8/2023).

Selain itu, Bupati Wempi yang ditemani Wakil Bupati Jakaria dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malinau Ping Ding, juga mengharapkan dengan perumusan dan penetapan program prioritas kecamatan nantinya, harus benar-benar mampu menjawab setiap permasalahan yang ada.

“Melalui forum ini, usulan yang telah disampaikan melalui musrenbang tingkat desa sesuai dengan tema, prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan memfokuskan pada 5 program inovasi daerah,” pintanya.

Bupati mengajak agar pemerintah daerah bisa bersama-sama  membangun Bumi Intimung dengan menghasilkan usulan kegiatan yang berkualitas, sesuai dengan kewenangan demi meningkatkan SDM yang mampu bersaing dalam upaya kemandirian ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dari berbagai sector.

Kegiatan Musrenbang mengusung tema “Penguatan Keunggulan SDM, Perekonomian, Infrastruktur dan Profesionalitas Pemerintah yang Meningkatkan Kemandirian, Kedamaian dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Wempi menjelaskan, Musrenbang ini digelar dalam rangka membahas dan menyepakati secara objektif hasil-hasil Musrenbang pada tingkat kecamatan yang akan menjadi usulan prioritas pemerintah daerah kedepan.

“Hasil rekapitulasi dari pelaksanaan Musrenbang akan menjadi dasar dalam pelaksanaan kebijakan, sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan. Hasil dari Musrenbang tingkat kecamatan ini akan menjadi bahan kerja dalam forum perangkat daerah, sebagai tahapan perencanaan dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Malinau Tahun 2025,” ujarnya.

Ditambahkan, pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan ini juga bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan penyepakatan usulan dalam rencana kegiatan pembangunan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Bupati Wempi memberikan gambaran terhadap fokus program kegiatan yang menjadi prioritas pemerintah daerah pada tahun 2025 mendatang.

“Diantaranya penguatan keunggulan SDM, penguatan keunggulan perekonomian, penguatan keunggulan infrastruktur dan penguatan profesionalitas aparatur di pemerintahan,” terangnya.

 

Wartawan : WA Pradana

Editor: Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *