Sekda Pimpin Apel Gabungan, Berharap ASN Paham dan Kuasai SAKIP

TeropongKALTARA.com, MALINAU –  Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Ernes Silvanus, yang memimpin apel gabungan Korpri, berharap ASN mampu memahami dan menguasai penggunaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

SAKIP, menurut Sekda Ernes, merupakan suatu sistem mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaporan yang harus berbasis atau selaras dengan laporan akuntabilitas keuangan.

“Hari ini dan besok akan ada ombudsman dari perwakilan Kaltara datang untuk melihat 5 OPD. Mereka ingin melihat seberapa baik layanan publik kita yang sudah kita laksanakan. Seberapa baik layanan publik kita bisa menjangkau semua masyarakat. Seberapa jauh layanan publik kita bisa melayani, mungkin termasuk yang disabilitas. Ini yang mungkin menjadi penilaian,” jelasnya di halaman Kantor Bupati Malinau, Senin (19/9/2022).

Kemudian tahun ini, sambung Ernes, Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami peningkatan yang berasal dari sektor rumah makan, UMKM dan cafe.

“Apa yang kita lihat disini, bahwa potensi dari pendapatan daerah kita cukup tinggi. Mari kita dorong ini. Siapa pelaku UMKM, pastinya masyarakat Malinau. Siapa yang mendorong mereka, ya kita. Mari kita dorong mereka, karena inilah kekuatan dari Malinau. Belanja dari produk kita, karena itu akan kembali kepada kita. Ayo belanja yang menjadi produk daerah. Ayo kita dukung,” ujar Sekda Semangat. (dsip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *