Wabup Malinau, Prestasi Siswa Adalah Cerminan Bagaimana Guru Mengimplementasikan

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Jakaria, menyebut prestasi yang dibawa anak-anak adalah cerminan dari bagaimana Bapak, Ibu para pendidik mengimplementasikannya di sekolah.

“Karena itu, kepada kepala sekolah dan tenaga pendidik, ini menjadi perhatian, karena prestasi yang dibawa oleh anak-anak ini adalah cerminan dari bagaimana Bapak, Ibu para pendidik mengimplementasikan apa yang sudah dilakukan di sekolahnya masing-masing,” katanya, saat membuka Lomba Cerdas Cermat Tingkat SD/MI dan SMP/MTs se Kabupaten Malinau, di Aula SMP Negeri 1 Malinau Kota, Rabu (13/9/2023).

Wabup Jakaria memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Malinau yang telah menginisiasi kegiatan dan seluruh pihak yang sudah mendukung, sehingga dapat terlaksananya  Lomba Cerdas Cermat dengan baik.

Wabup mengatakan, melalui Lomba Cerdas Cermat ini diharapkan capaian Malinau Maju dalam program Wajib Belajar Malinau Maju (WBMM) adalah kemajuan pendidikan di “Bumi Intimung”.

Diinginkan, Lomba Cerdas Cermat bukan hanya sekadar seremonial semata, namun diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Malinau. Karena capaian yang ingin pemerintah daerah adalah kesejahteraan masyarakat Malinau secara keseluruhan.

Untuk siswa-siswi atau peserta yang akan berkompetisi, Wabup Jakaria menyarankan untuk tetap tenang. Senantiasa focus, sehingga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

“Ini adalah kompetisi yang mengutamakan sportifitas, sehingga tidak hanya pengetahuan saja yang diuji melainkan juga mental untuk menjadi juara. Maka berusahalah dengan keras dengan berbekal persiapan yang telah dilakukan selama ini,” papar Jakaria.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Malinau Dumberbrill, menjelaskan pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat ini merupakan wujud semangat dari pemerintah daerah untuk menyemangati siswa-siswi di Kabupaten Malinau.

Diketahui, Lomba Cerdas Cermat masuk dalam salah satu program inovasi pemerintah daerah, yakni (WBMM) yang dititipkan kepada OPD Dinas Pendidikan Malinau.

“Oleh sebab itu, kami harus menyambut dan membuat program ini lebih kreatif, menarik untuk mencerdaskan anak-anak kita yang ada di Malinau,” ujar Dumberbrill.

Dilaporkan, kegiatan ini dibagi menjadi 2 lokasi. Lokasi 1 terdiri dari 9 kecamatan dan lokasi 2 terdiri dari 6 kecamatan.

Pelaksanaan lomba akan dimulai dari tingkat kecamatan pada tanggal 12 hingga 13 September 2023 yang dilaksanakan di lokasi ibu kota kecamatan masing-masing.

Setelah itu, dalam babak final akan masuk dalam tingkat kabupaten dan akan dilaksanakan pada 10 Oktober 2023 mendatang. Dengan peserta perwakilan dari tim yang mendapat juara di tingkat kecamatan masing-masing.*

Wartawan : WA Pradana

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *