Sekda Ernes, Peningkatan Kompetensi ASN PPPK Penting untuk Uji SDM

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Ernes Silvanus, mengatakan peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), penting untuk terus dilaksanakan melalui uji kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Hak itu disampaikan ketika membuka Orientasi PPPK Angkatan IV di lingkungan Pemprov Kaltara, Kelas Kabupaten Malinau yang dilaksanakan di ruang Laga Feratu, Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, Rabu (13/9/2023).

Kegiatan yang diikuti 101 peserta terdiri dari PPPK formasi Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri ada 41 peserta, Guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 46 peserta dan Guru Taman Kanak-kanak (TK) 14 peserta itu diharapkan para ASN dapat menghasilkan berbagai inovasi pelayanan publik yang maksimal untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan.

“Peran ASN dalam proses pembangunan sangatlah penting dan strategis, dikarenakan ASN mempunyai fungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik dan perekat atau pemersatu bangsa,” katanya.

Terkait pelaksana kebijakan publik, sambung Sekda Ernes, jika hal itu berkaitan dengan kebutuhan orang banyak, maka haruslah dilaksanakan. Begitu juga sebagai pelayan publik, maka harus dilaksanakan dengan baik.

“Jika kemampuan Bapak, Ibu sebagai guru, maka lakukan pelayanan dengan baik. Jika ada pelajar yang tidak paham, maka ajarkan mereka, latih agar bisa,” imbuhnya.

Kemudian sebagai pemersatu atau perekat bangsa, Sekda Ernes menekankan, agar ketika mendengar hal-hal yang kurang baik atau bersifat negatif cari terlebih dahulu sumbernya, jangan langsung di sebarkan. Pastikan bahwa informasi yang didapat itu benar.

“Termasuk apabila ada masalah-masalah yang terjadi atau dialami, diharapkan jangan langsung diumbar ke media sosial, lapor terlebih dahulu kepada pimpinan,” saran Sekda.*

Wartawan  : WA Pradana

Editor : surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *