Meriah, Pemkab Malinau Persiapkan Perayaan Irau 2023 dan HUT

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Pemerintah Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mulai mempersiapkan hari perayaan atau pelaksanaan Irau Malinau 2023 yang rencananya akan dirangkai dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malinau.

Pelaksanaan Irau 2023 ini disebut-sebut merupakan pesta yang pertama kali digelar Pemkab Malinau secara besar-besaran dengan memanfaatkan fasilitas panggung kesenian, lanskap pro sehat.

Pesta rakyat Malinau tahun 2023 ini terlihat stand pameran yang dibangun pemerintah daerah setempat dengan ukuran 4 x 10 meter.

“Irau tahun ini direncanakan lebih lama, kurang lebih 20 hari atau 3 minggu. Puncaknya dijadwalkan pada 26 Oktober 2023,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau Ernest Silvanus, Senin (4/9/2023).

“Kami akan memberikan ruang yang cukup bagi pelaku UMKM. Tapi harus daftar dulu dan wajib mengikuti ketentuan,” jelas Ernes, seraya menjelaskan, tenda atau spot di dalam wilayah lanskap akan ditarik biaya retribusi.

Tenda-tenda sudah mulai terpasang. Selain tenda pameran dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di gerbang utama menuju lanskap juga masih dalam tahap pengerjaan. Perayaan yang dilaksanakan sekira 20 hari itu rencanakan akan dibuka mulai 7 Oktober 2023.

Sementara, untuk tenda UMKM dan peserta di badan jalan depan DPRD Malinau, tidak dipungut biaya. Namun, harus mendaftarkan diri dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

Sebulan sebelum pelaksanaan diusahakan semua pengerjaan yang terkait dengan perayaan Irau dan HUT “Bumi Intimung” akan rampung.*

Wartawan : WA Pradana

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *