Bupati Malinau, HUT Kemerdekaan RI Bukan Sekadar Pengibaran Bendera

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Bupati Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Wempi W Mawa, mengatakan peringatan HUT Kemerdekaan RI merupakan waktu yang tepat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). HUT Kemerdekaan RI Bukan hanya sekadar pengibaran bendera.

“Bukan hanya sekadar pengibaran bendera. Ini adalah tentang menghidupkan semangat juang dan nasionalisme di daerah-daerah pedalaman dan perbatasan Indonesia. Kami ingin menunjukkan bahwa semangat kemerdekaan kita tidak mengenal batasan geografis,” katanya selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan HUT ke 78 di Desa Long Ampung, Kecamatan Kayan Selatan, Kamis (17/8/2023).

Tepat pada 17 Agustus 2023, di Desa Long Ampung, Kayan Selatan, kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia, Bupati Wempi bersama masyarakat mengenang dan merayakan kemerdekaan Indonesia ke 78 tahun.

“Di bawah langit yang sama, di daerah perbatasan yang melambangkan persahabatan antar-bangsa, kita menghormati jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dengan pengorbanan yang tiada tanding,” kenangnya.

Orang nomor 1 di ‘Bumi Intimug’ ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta merayakan dan mengambil bagian dalam peringatan HUT RI ke -78 di lokasi gelaran upacara, yakni Desa Long Ampung, Kecamatan Kayan Selatan.

“Kebersamaan dan semangat yang telah kita tunjukkan dalam upacara ini sungguh menghangatkan dan membangkitkan rasa persatuan di antara kita semua. Mari kita lanjutkan karya dan dedikasi untuk mewujudkan Malinau yang lebih baik dan berdaya saing,” ajak Bupati Wempi.

Selain Bupati Wempi W Mawa bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan RI, Komandan Upacara dibebankan kepada Kapten Lukman Hadi, dari Danki SSK III Pos Long Ampung Satgas Pamtas RI-Malaysia. Sedangkan Komandan Pasukan Paskibra, Serda Noufal Moriz Salman, dari Satuan Yonarmed 5/105 Tarik/Pancagiri.

Dalam upacara itu tampak hadiri Wakil Bupati Jakaria, Ketua DPRD Malinau Ping Ding, Dandim 0910/Mln Letkol Inf Bambang, Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, para tokoh masyarakat, adat dan tokoh agama serta berbagai unsur lainnya.*

Wartawan : WA Pradana

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *