PT PKN Didik Petani Soal Permentasi Biji Kakao

TeropongKALTARA.com, TANJUNG SELOR – PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) mendidik sejumlah petani kakao untuk mempelajari bagaimana melakukan permentasi biji kakao (Theobroma Cacao) yang benar dan sesuai SOP.

Langkah positif itu diapresiasi oleh Kepala Desa (Kades) Antutan, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Aminuddin, yang sebelumnya menerima undangan dari PT PKN.

Atas dasar ajakan itu, sejumlah petani untuk bertandang ke Desa Sajau Kecamatan Tanjung Palas Timur untuk belajar bagaimana cara permentasi biji kakao yang benar.

“Atas nama masyarakat petani, saya menghaturkan terima kasih kepada PT PKN yang sudah memperhatikan sekaligus perduli dengan petani kami,” kata Aminuddin, Kepala Desa Antutan melalui WhatsAPP-nya, Senin (5/6/2023).

Menurutnya, perusahan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara ini, sudah banyak memberikan bantuan kepada desanya, khususnya terhadap pengembangan tanaman kakao.

Diantaranya, pendampingan teknis dan pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas petani kakao agar benar-benar ahli dalam bercocok tanam sekaligus merawat tanamannya.

Untuk memantapkan program itu, tambah Aminuddin, di desa Antutan saat ini sudah menuju hilirisasi produksi dan peningkatan kapasitas petani Kelompok Tani Hutan (KTH) Simpeng Ulun Belungon (LPHD) Desa Antutan.

Juga program unggulan perhutananan sosial melalui kegiatan KUPS tanaman unggulan kakao Agroforestry.

Tidak hanya itu, dengan kehadiran pabrik pengolah coklat batangan milik PT PKN di Kabupaten Bulungan yang sebentar lagi akan beroperasi, secara langsung akan menggairahkan petani untuk memperluas dan menjaga kualitas serta mutu biji kakaonya.

Karena itulah, Aminuddin merasa optimis dimasa mendatang KabupataenBulungan akan menjadi sentra produksi kakao yang terbesar di wilayah Utara Indonesia. Sebab, lahan untuk memperluas areal tanam masih cukup luas, ditambah animo masyarakat petani untuk membudidayakannya juga cukup tinggi.

Wartawan : Selamat aL

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *