Bupati Malinau Sambut Baik Gelaran Seni dan Budaya Dayak Kayan

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Bupati Malinau Wempi W Mawa, mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya Pagelaran Seni dan Budaya Dayak Kayan Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

“Kita meyakini bahwa kegiatan ini memberikan manfaat dalam usaha pelestarian budaya yang ada di masyarakat kita, khususnya bagi suku Dayak Kayan Kabupaten Malinau,” kata Bupati Wempi dalam pembukaan pagelaran seni dan budaya daerah itu di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung, Kamis (25/8/2022).

Bupati berharap sekaligus berpesan kepada seluruh warga Dayak Kayan, agar senantiasa menjaga kekompakan bersama dengan warga lainnya untuk mensukseskan program-program daerah serta jangan lelah untuk melestarikan budaya adat istiadat yang dimiliki.

“Saya menyampaikan decak kagum atas ritual upacara penyambutan yang dilakukan di pintu gerbang masuk tadi. Apresiasi untuk semua pelaku upacara, tari-tarian dari seluruh warga Dayak Kayan. Semoga esensi atau makna dari acara penyambutan ini, yakni memohon berkat pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, serta kita dapat memetik nilai-nilai luhur dari setiap rangkaian kegiatan yang akan dilakukan mulai hari ini hingga esok hari,” urainya seraya berharap.

Sementara itu, Ketua Panitia Henok Markus, melaporkan pagelaran seni dan budaya dilaksanakan berdasarkan agenda dari Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau dan juga program kerja dari Persatuan Dayak Kayan Kabupaten Malinau.

Tujuan dari kegiatan ini selain sebagai wadah silaturahmi masyarakat Dayak Kayan Kabupaten Malinau juga sebagai ajang untuk menampilkan seni, budaya, kuliner yang dimiliki Dayak Kayan Kabupaten Malinau.

Peserta pagelaran secara khusus adalah seluruh warga Dayak Kayan dari desa-desa yang ada di Kabupaten Malinau serta dukungan warga Dayak Kayan dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)dan Kabupaten Bulungan.

“Pagelaran ini akan dilaksanakan selama 2 hari mulai hari ini 25 Agustus 2022 sampai besok 26 Agustus 2022,” terang Henok Markus.

Selain itu, Ketua Umum Persatuan Dayak Kayan Kabupaten Malinau Tan Irang, mengaku merasa terhormat sekaligus bangga, karena warga Dayak Kayan Kabupaten Malinau telah diberi kesempatan oleh pemerintah daerah untuk menampilkan pagelaran seni dan budayanya.

“Tampilan seni dan budaya yang kami tampilkan ini adalah berdasarkan warisan dari leluhur suku Dayak Kayan. Karena itu kami berterima kasih dan ini menjadi momentum yang sangat penting bagi kami sebagai generasi penerus di mana kami bisa melaksanakan atraksi-atraksi budaya pada sore hari ini,” ujarnya.

“Terima kasih juga kepada seluruh panitia penyelenggara di mana persatuan, motivasi dan respon dari seluruh warga Dayak Kayan, sehingga pelaksanaan acara pagelaran seni dan budaya ini dapat berjalan dengan baik,” katanya. (dsip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *