Atraksi Budaya Dayak Tenggalan Juga Pecahkan Rekor Muri Dunia

TeropongKALTARA.COM, MALIANU – Berbagai seni dan budaya dalam perayaan akbar IRAU ke 10 dan HUT Kabupaten Malinau ke 24 banyak memecahkan Rekor  MURI Dunia, atraksi budaya Dayak Tenggalan juga pecahkan Rekor Muri Dunia.

Penampilan kebudayaan Suku Dayak Lundayeh, Suku Dayak Kenyah, Keluarga Kawanua dan lainnya juga sama dan menarik perhatian Bupati Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan sebagian besar masyarakat setempat.

Pada penampilan atraksi budaya Dayak Tenggalan berhasil memecahkan Rekor MURI Dunia, yaitu menyantap makanan menggunakan sendok dari Saandok Tampulung Pasangan Terbanyak sebanyak 2.023.

“Kembali kita menyaksikan tampilan yang luar biasa dari Dayak Tenggalan. Apa yang kita lihat adalah cerminan budaya dari masyarakat Dayak Tenggalan itu sendiri,” ujar Bupati Malinau Wempi W Mawa, Sabtu (14/10/2023).

“Saya memperhatikan penampilan anak-anak muda yang luar biasa dari Dayak Tenggalan, mampu menguasai budayanya secara optimal,” pujinya.

Mulai dari tampilan tari-tarian hingga nyanyian, semua diperagakan anak-anak muda Dayak Tenggalan.

“Ini sesuatu yang luar biasa. Jadi, adik-adik yang gagah dan cantik ini banggalah dengan budaya yang kalian miliki, karena tidak semua orang punya budaya seperti yang kalian miliki hari ini,” ujarnya.

Wempi berharap, masyarakat Dayak Tenggalan terus melestarikan, menggali potensi-potensi terbaik dari kebudayaannya, bukan hanya menjadi kekuatan bagi masyarakat Dayak Tenggalan, tetapi juga bagian yang menjadi kebanggaan dan kekuatan secara khusus bagi masyarakat Kabupaten Malinau.

Lembaga Adat Tenggalan Kabupaten Malinau telah menampilkan atraksi seni dan budaya pada Pagelaran IRAU ke 10 dan menyambut HUT Kabupaten Malinau ke 24 yang dilaksanakan di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung, Arena Prosehat Malinau.*

Wartawan : Selamat AL

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *