Keluarga Batak Malinau Tunjukkan Kekayaan Budaya Luar Biasa

TeropongKALTARA.COM, MALIANU – Kerukunan Keluarga Batak Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sudah menunjukkan kekayaan budaya yang luar biasa dalam perayaan IRAU ke 10 dan HUT ke 24 Malinau yang diapresiasi Bupati Wempi W Mawa.

“Mari kita beri apresiasi. Saya yakin, keluarga Batak yang ada di Kabupaten Malinau hari ini pasti bangga, karena telah menunjukkan kekayaan budaya yang luar biasa, termasuk potensi yang menjadi kekuatan dan kekayaan kita bersama di Kabupaten Malinau,” puji Bupati Wempi, yang menyaksikan gelaran pesta adat berasma  jajaran Forkopimda, Sabtu (14/10/2023).

Dalam menampilkan atraksi seni dan budaya, Paguyuban Batak banyak menampilkan para generasi muda yang telah bercampur baur dengan suku yang ada di Kabupaten Malinau.

“Artinya, mungkin Bapak atau Ibunya ada yang berdarah Dayak Kenyah, Lundayeh, Tidung, Bulungan dan lainnya, sehingga menjadikan generasi ini kaya akan budayanya,” prediksi Bupati Wempi.

“Bayangkan, jika mereka tidak diajak dalam tampilan seperti ini, maka generasi itu bisa mengadopsi budaya yang kurang tepat, karena budaya dari orang tuanya tidak terlestari sejak dini,” katanya.

Dalam tampilan juga ditunjukkan bagaimana menyatunya generasi senior dan junior dalam gerak tarian yang luar biasa.

“Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kerukunan Keluarga Batak Malinau yang telah menampilkan bermacam-macam kekayaan budaya yang luar biasa,” tuturnya.

Bupati Wempi mengajak kepada seluruh Kerukunan Keluarga Batak Malinau, untuk bersama-sama mensukseskan 5 program unggulan Kabupaten Malinau.*

Wartawan : Selamat AL

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *