Pemkab Malinau – Universitas Negeri Yogyakarta Teken MoU

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Pemerintah Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerja sama tentang pendidikan yang ditandai dengan saling meneken atau penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja (MoU) kedua belah pihak.

Lembaran MoU itu ditandatangani Bupati Malinau Wempi W Mawa dan Wakil Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Margana, di Ruang Rapat Intulun Kantor Pemda Malinau, Selasa (22/8/2023).

Bupati Wempi, menyampaikan bahwa ini merupakan suatu kehormatan untuk Pemerintah Daerah (Pemda) Malinau, karena jalinan kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahasiswa UNY lulusan tahun 2022

“Tentunya, untuk menunjang pembangunan dengan sektor pendidikan dan pengembangan  sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Malinau, kami (Pemkab Malinau) memerlukan dukungan dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri yang berkompeten. Salah satunya Universitas Negeri Yogyakarta,” kata Bupati Wempi.

Menurut Wempi, tujuan utama dari kerja sama adalah untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Malinau.

Untuk diketahui, Universitas Negeri Yogyakarta, pada Tahun 2022 meraih peringkat ketiga sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan menduduki peringkat 607 dunia menurut pemeringkatan Scimago Institution Ranking (SIR), menjadi mitra strategis dalam usaha ini.

Skema penilaian SIR yang dilakukan setiap tahun mempertimbangkan prestasi institusi selama dua tahun sebelumnya.

Tiga indikator utama yang menjadi tolak ukur adalah kinerja penelitian (50 persen), hasil inovasi (30 persen) dan dampak sosial yang tercermin dari visibilitas situs web perguruan tinggi (20 persen).

Bupati Wempi juga memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan SDM yang berkualitas, guna mendorong kemajuan daerah.

“Malinau memiliki potensi sumber daya yang berlimpah untuk berkontribusi dalam memajukan pembangunan,” ujarnya.

Bukan hanya sekadar retorika, tiga dari lima program unggulan Pemkab Malinau yang digagas Bupati Wempi, memiliki fokus pada pengembangan SDM, yaitu Program Desa Sarjana, Wajib Belajar Malinau Maju, dan Milenial Mandiri.

Program Desa Sarjana telah berhasil mengalirkan mahasiswa Malinau ke lebih dari 30 kampus dalam gelombang pertama dan kedua ke berbagai perguruan tinggi, menunjukkan keseriusan Bupati Wempi dalam menjadikan SDM sebagai motor penggerak kemajuan daerah.*

Wartawan : WA Pradana

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *