Bupati Malinau Upacara HUT RI ke 78 di Long Ampung, Perbatasan RI – Malaysia

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Bupati Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Wempi W Mawa beserta rombongan pejabat melaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun di kawasan Long Ampung, perbatasan RI – Malaysia.

Bupati Wempi bersama rombongan tiba di Bandara Long Ampung sekitar pukul 13.06 Wita dengan menumpang Pesawat Maskapai Smart Air.

Alasan memilih Apau Kayan jadi lokasi Upacara HUT ke78 Kemerdekaan RI, adalah sebagai apresiasi masyarakat perbatasan, yakni sekitar rumpun Apau Kayan, Kecamatan Kayan Selatan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Sarawak, Malaysia bagian timur.

“Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Malinau tahun ini diperingati di Desa Long Ampung, Kecamatan Kayan Selatan. Alasan khusus mengapa wilayah Apau Kayan kita pilih sebagai lokasi pelaksanaan HUT ke 78 RI, ialah sebagai refleksi peran serta masyarakat perbatasan menjaga sempadan negara,” katanya, Rabu (16/8/2023).

Menurut Bupati Wempi, tahun ini pemilihan pelaksanaan Upacara HUT RI di Apau Kayan, wilayah perbatasan, untuk menjaga semangat kemerdekaan masyarakat yang selama ini berperan serta menjaga perbatasan.

Karena terbatasnya penerbangan perintis, maka rombongan bupati yang akan terbang ke lokasi upacara diangkut secara bergiliran atau bertahap.

“Semangat nasionalisme mereka (masyarakat di wilayah perbatasan) tidak perlu kita ragukan, karena itu lokasi ini kami pilih sebagai salah satu bentuk apresiasi pemerintah daerah,” tutur Bupati Wempi.

Sebelumnya, hampir setiap tahun, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI dilaksanakan secara bergilir di 15 Kecamatan se Kabupaten Malinau.

Pada Tahun 2022 lalu, Pemkab Malinau menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI di Malinau bagian selatan. Sedangkan tahun ini (2023) dilaksanakan di Malinau sebelah barat.

Diketahui, agenda Bupati Wempi selama berada di Long Ampung terlihat cukup padat. Dimulai dengan membuka Turnamen Bupati Cup dan Liga Pelajar.

Tidak hanya itu, Wempi dijadwalkan akan mengukuhkan pasukan Paskibraka pada pelaksanaan Upacara HUT ke 78 RI di Long Ampung, serta mendengarkan pidato kenegaraan dari Presiden RI Joko Widodo dan Upacara Taptu dalam rangka HUT RI ke-78 Tahun 2023.*

 

Wartawan : WA Pradana

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *