Pemkab Malinau – ITCC Jalin Kerja Sama Pendidikan

Teropong KALTARA.com, SURABAYA – Pemerintah Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menjalin kerja sama pendidikan dengan Indonesia Tionghoa Culture Center (ITCC).

Perjanjian kerja sama itu ditandatangani Bupati Wempi W Mawa, di Gedung Graha Pena (Jawa Pos), Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Jumat (7/7/2023).

Seperti dijelaskan Humas Pemkab Malinau, terwujudnya Memori of Understanding (MoU) kedua belah pihak itu, Bupati berharap, agar putra/putri di wilayah Malinau dapat difasilitasi untuk melanjutkan pendidikan ada jenjang strata ke China ataupun Taiwan, sesuai dengan kebutuhan disiplin ilmu yang dibutuhkan daerah.

“Kita memang terus berupaya membuka peluang dan mengarahkan anak-anak Malinau untuk bisa menguasai berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan, agar kelak Malinau mempunyai generasi yang siap bersaing dan mampu berdikari di daerahnya sendiri,” kata Bupati Wempi, ditemani Ketua DPRD Malinau Ping Ding (Demokrat), Wakil Bupati Malinau Jakaria, Sekda Ernes Silvanus, Asisten III Bidang Administrasi Umum Marson  R Langub, dan Kepala Dinas PMD Muhammad Fiteriyadi.

Kerja sama antara Pemda Malinau dengan ITCC yang juga memfasilitasi Program Desa Sarjana untuk mewujudkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) unggul desa, agar potensi di desa dapat dimaksimalkan bagi peningkatan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakatnya, sekaligus mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di desa.

Bupati menegaskan, Program Desa Sarjana tidak membatasi pada kebutuhan SDM desa saja, melalui program Desa Sarjana. Pemerintah daerah akan menyiapkan generasi terdidik dan berpengetahuan serta memiliki keterampilan yang dibutuhkan daerah untuk kedepannya.

“Kita juga menyiapkan tenaga-tenaga teknis yang secara spesifik mumpuni untuk memenuhi tenaga-tenaga terampil pada proyek-proyek pembangunan yang ada di Malinau maupun di Kaltara,” ujarnya.

Dalam kegiatan MoU tersebut, Bupati Wempi sempat bertemu calon mahasiswa dari Kabupaten Malinau yang sedang mengikuti pembekalan Bahasa Mandarin di ITCC dan akan diberangkatkan ke China.

Para calon mahasiswa tersebut menjalani pembelajaran bahasa Mandarin untuk persiapan mengikuti pendidikan diberbagai jurusan pada beberapa kampus di China. Cintana, salah seorang calon mahasiswa asal Desa Lubak Manis, Kecamatan Malinau Utara, mengaku bersyukur diberi peluang belajar ke luar negeri.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemda Malinau, karena ada Program Desa Sarjana 2023 yang membuka ruang yang luas bagi generasi Malinau untuk meneruskan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Saya ambil jurusan Kedokteran, sesuai dengan kebutuhan desa dan saya sudah terdaftar pada salah satu kampus di China. Sekarang saya sedang dibekali bahasa Inggris dan Mandarin di ITCC ini,” terang Cintana.*

Wartawan : Selamat AL

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *