Bupati Malinau Serahkan Puluhan Hewan Kurban ke Masjid Agung

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Atas nama Pemerintah Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Bupati Wempi Willem Mawa, ditemani wakilnya Jakaria, dan Ketua Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Muhd Yusuf menyerahkan puluhan hewan kurban ke Masjid Agung Darul Jalal, Tanjung Belimbing Desa Malinau Hulu, Selasa (27/6/2023)

Penyerahan 32 ekor hewan kurban untuk sejumlah masjid yang diterima para Takmir Masjid itu, terkit dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah bagi umat Muslim di Kabupaten Malinau.

Bupati Wempi mengatakan, pemberian hewan Kurban dari Pemkab Malinau bertujuan untuk memaknai akan perayaan Hari Raya Idul Adha bagi umat Muslim di Kabupaten Malinau.

“Penyerahan hewan Kurban ini, sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan dengan umat Muslim. Semoga bantuan ini membangkitkan rasa toleransi, kebersamaan dengan umat muslim di Kabupaten Malinau ungkap Bupati Wempi.

Bupati mengajak, agar masyarakat selalu menjaga dan memelihara toleransi dan kerukunan antarumat beragama yang ada di Kabupaten Malinau.

“Secara pribadi dan mewakili keluarga serta Pemerintah Daerah Malinau, kami mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi kepada seluruh umat Muslim Kabupaten Malinau. Jadikan momentum ini untuk terus memperkuat silahturahmi, toleransi dan harmonisasi kepada seluruh umat beragama,” tuturnya.

Sementara itu, dalam laporan Ketua PHBI Muhd Yusuf menyebutkan, penyerahan hewan Kurban dari Pemerintah Daerah Malinau ini adalah dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah bagi masyarakat melalui para Pengurus Masjid dan Mushola yang ada di Kabupaten Malinau.

Jumlahnya ada 660 juta rupiah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Malinau Tahun 2023 yang dialokasikan untuk pengadaan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Pemerintah daerah melalui Pengurus Hari Besar Islam Malinau telah membagikan 32 ekor kepada para pengurus masjid. Untuk hewan kurban akan dibagikan ke 4 kecamatan, yakni di Kecamatan Malinau Kota, Malinau Barat, Malinau Utara dan Mentarang,” jelasnya.

Hewan kurban pada perayaan Idul Adha di wilayah Malinau seluruhnya berjumlah 34 ekor, termasuk adanya tambahan seekor yang disumbang Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dan seekor pemberian dari Presiden Joko Widodo.

Sejumlah hewan kurban itu sudah diserahkan kepada pengurus masjid oleh Bupati Malinau Wempi W Mawa bersama jajarannya.*

Wartawan : W Agung Pradana

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *