Bupati Apresiasi Adat Bulungan yang Tampilkan Sejarah Budaya Leluhur

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Bupati Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Wempi W Mawa, mengapresiasi Lembaga Adat Bulungan yang ikut memeriahkan IRAU ke 10 dan HUT Malinau ke 24 tahun, dengan menampilkan atraksi seni dan budaya di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung, Jumat (20/10/2023).

Lembaga Adat Bulungan menampilkan atraksi seni budaya yang diberi judul “Petujul atau Memberi Makan (Makhlus Halus)”, yakni prosesi adat pengobatan tradisional adat Kampung Suku Bulungan. Prosesi ini ditampilkan dalam sebuah drama cerita rakyat.

“Apa kita saksikan tadi adalah budaya leluhur yang memang ada dan perlu diketahui oleh kita sebagai masyarakat berbudaya. Artinya, situasi budaya itu bergeser karena kepercayaan,” ujar Bupati Wempi.

Bupati memberi apresiasi kepada Lembaga Adat Bulungan yang sudah menggali sejarah yang mungkin belum diketahui masyarakat luas.

“Ini penting bagi kita di Kabupaten Malinau secara khusus, saling mengenal adat istiadat budaya yang hidup dan berkembang di tengah-tengah kita,” ujarnya seraya meminta agar Lembaga Adat Bulungan terus mempertahankan dan melestarikan budayanya.

Bupati juga mengapresiasi seluruh warga Bulungan yang telah mengambil bagian bersama-sama dengan seluruh masyarakat Malinau dalam membangun, merawat, menjaga dan mengisi pembangunan di Kabupaten Malinau.

“Mari kita terus bersinergi, bergandeng tangan untuk mencapai visi misi serta ikut serta dalam mensukseskan 5 program inovasi daerah yang menjadi komitmen kita bersama,” ajak orang nomor 1 di “Bumi Intimung” itu.

Wartawan : Selamat AL

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *