Saung Terbanyak di Malinau Pecahkan Rekor Dunia, Banggakan Masyarakat

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Saung terbanyak di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mampu memecahkan rekor dunia yang dipertunjukan dalam Karnaval Budaya terkait kegiatan IRAU ke 10 dalam rangka HUT Malinau ke 24 tahun, sangat membanggakan masyarakat setempat.

Menurut Bupati Malinau Wempi W Mawa, hal ini merupakan sejarah yang sangat membanggakan bagi masyarakat Malinau.

Pembukaan acara IRAU ke 10 dalam rangka HUT Malinau ke 24 tahun diawali penuh semarak dengan berbagai rangkaian pertunjukan seni dan budaya yang  di pusatkan di Panggung Padan Liu Burung, Arena Prosehat Malinau, Sabtu (7/10/2023).

Sejumlah hal pun menjadi sorotan utama dalam perayaan ini. Salah satunya Karnaval Budaya yang diikuti berbagai pihak, mulai dari lembaga adat, paguyuban, organisasi, instansi pemerintah, pihak swasta, kecamatan, desa hingga sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Malinau.

Karnaval Budaya ini juga turut menjadi istimewa, karena dalam penghitungan Saung yang digunakan peserta, tercatat sebanyak 20.893 buah. Sehingga jumlah ini menciptakan rekor dunia baru untuk penggunaan Saung terbanyak dalam satu acara.

Dengan perolehan itu, Bupati Wempi W Mawa menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian rekor dunia tersebut. Digambarkan, pencapaian itu sebagai sejarah yang membanggakan bagi masyarakat “Bumi Intimung” Kabupaten Malinau.

Perayaan ini juga menjadi momentum untuk merenung bersama, mencari solusi dan memantapkan tekad untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Bupati Wempi menekankan pentingnya perayaan ini dalam memperkuat rasa persatuan dan kebanggaan daerah.

Seluruh etnis dan paguyuban diajak untuk berpartisipasi aktif dalam rangkaian acara HUT Kabupaten Malinau yang ke24 dan IRAU ke 10 dengan harapan keberagaman akan tetap terjaga dengan baik.

Perayaan ini tidak hanya melibatkan Karnaval Budaya, tetapi juga mencakup berbagai kegiatan produktif, kreatif dan hiburan. Festival seni budaya, olah raga prestasi, olah raga tradisional serta berbagai acara keramaian lainnya telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari perayaan ini.

Pameran pembangunan yang melibatkan berbagai pihak, termasuk OPD, instansi vertikal, BUMN, BUMD, adat, paguyuban, organisasi wanita dan organisasi kemasyarakatan, juga memberikan kontribusi besar dalam menggerakkan perekonomian selama perayaan berlangsung.

Pada acara pembukaan IRAU ke 10 dalam rangka HUT Malinau ke 24 tahun, tampak hadir Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang dan wakilnya  Yansen Tipa Padan, Wakil Bupati Jakaria.

Selain itu, Ketua DPRD Malinau Ping Ding, dan para jajaran Forkopimda Malinau, serta berbagai tokoh penting, termasuk perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri.*

Wartawan : Selamat AL

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *