Bupati Wempi Optimis Gelaran IRAU dan HUT Malinau Sukses

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Bupati Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Wempi W Mawa, merasa optimis kalau gelaran perayaan IRAU yang  dijadwalkan selama 3 minggu itu akan berlangsung sukses.

Pesta Budaya IRAU Kabupaten Malinau Tahun 2023 direncanakan mulai tanggal 7 Oktober hingga 26 Oktober 2023 mendatang.

Konsep IRAU Malinau 2023 yang dirangkai dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malinau ke 24, Oktober 2023 mendatang itu, sementara ini masih disusun panitia melalui rapat persiapan.

Desain kegiatan bertepatan IRAU Tahun Ganjil ini ditata lintas organisasi perangkat daerah, seperti tenda Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang diatur Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Malinau serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Selain itu, pementasan dan pertunjukan kebudayaan melalui manajemen panitia dan dinas pariwisata pemkab setempat.

Pada rangkaian persiapan untuk perayaan IRAU Malinau ke 10 dan HUT Malinau yang ke 24 berjalan lancar berkat koordinasi yang cepat dan penanganan yang tepat.

Terkait dengan momen besar itu, Bupati Malinau Wempi W Mawa, tampak selalu bersemangat dalam mendukung kebudayaan lokal, memberikan apresiasi atas partisipasi aktif masyarakat dalam mempersiapkan pesta budaya daerah tersebut.

“Kepada panitia, Saya ingin menekankan bahwa kita tidak boleh membatasi partisipasi warga yang ingin hadir dalam event ini. Semua orang dari berbagai lapisan masyarakat harus merasa diterima dan diundang untuk merayakan bersama,” pesannya, Sabtu (30/9/2023).

Salah satu sorotan utama dari Pesta Budaya IRAU Malinau 2023 adalah upaya untuk mencatatkan prestasi dalam Rekor Muri, sebuah pencapaian yang akan menambah pesona dan prestise acara ini.

Keamanan juga menjadi perhatian utama, dengan langkah-langkah keamanan yang ketat diterapkan untuk memastikan keberlangsungan acara tanpa hambatan.

Dalam menghadapi berbagai tantangan, pemerintah daerah bersama aparat keamanan telah bekerja keras untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan semua peserta.

Bupati Wempi yang dikenal sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat ini, juga menekankan pentingnya mendukung Para Pelaku UMKM lokal selama perhelatan digelar.

Wempi meyakini, bahwa perayaan IRAU Malinau ke 10 dan HUT Kabupaten Malinau yang ke 24, harus memberikan dampak pertumbuhan ekonomi yang signifikan bagi Kabupaten Malinau.

“Untuk mengakomodasi para pengunjung, penting untuk mempersiapkan hotel, penginapan dan homestay (rumah singgah) dengan baik, sehingga mereka dapat menikmati perayaan budaya ini dengan nyaman,” pintanya.

“Saya percaya pengalaman demi pengalaman telah mengajarkan kita bersama dan dengan semangat gotong royong, kita akan berhasil menjadikan acara ini sukses,” katanya optimis.*

Wartawan : WA Pradana

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *