Kapolda Kaltara – Kodam VI/Mulawarman Teken Perjanjian Kerja Sama

TeropongKALTARA.com, BALIKPAPAN – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara (Kapolda Kaltim) Irjen Pol Daniel Adityajaya dan Kodam VI/Mulawarman, meneken atau menandatangani perjanjian kerja sama di Ruang Yudha Makodam VI/Mulawarman Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (5/2/2024).

Perjanjian kerja sama ini dalam rangka sinergisitas dan integrasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Polri dan TNI, khususnya di wilayah hukum Polda Kaltara.

Dengan ini, Polda Kaltara dan Kodam VI/Mulawarman dapat saling mendukung dalam melaksanakan tugas, terutama dalam pelaksanaan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Selaku Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara, Kapolda merasa sangat terhormat dan tersanjung atas sambutan hangat yang diberikan oleh Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, termasuk seluruh staf.

“Kami sangat terhormat dan tersanjung yang diberikan Panglima Kodam VI/Mulawarman, dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama strategis antara Polda Kalimantan Utara dan Kodam VI/Mulawarman, yang dapat kita laksanakan hari ini dalam situasi yang penuh keakraban,” kata Kapolda Daniel Adityajaya.

Perjanjian kerja sama ini merupakan bagian tindak lanjut dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Panglima Tentara Nasional Indonesia, tentang sinergisitas dan integrasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Tentara Nasional Indonesia sesuai dengan Nota Kesepahaman Nomor: NK/32/X/2023 Dan Nomor: NK/18/2023/TNI Tentang Sinergisitas dan integrasi dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia.

“Mengingat, arti penting dan strategisnya Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional maupun daerah serta terkait dengan keberlanjutan jalannya pembangunan nasional maupun daerah, dalam kerangka mewujudkan tujuan negara, ujar Kapolda Kaltara.

Maka, sambung Kapolda, dalam konteks inilah, Polri khususnya Polda Kalimantan Utara beserta jajaran bertanggungjawab untuk mengawal, menjaga, dan mengamankan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 agar terselenggara secara aman, lancar dan kondusif.

Sinergi antara Polri dan TNI dalam mengamankan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 memiliki peranan krusial dalam menjamin kelancaran proses demokrasi.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Panglima Kodam VI/Mulawarman berserta seluruh staf dan jajarannya yang telah membuka pintu kerja sama ini. Semoga jalinan kerja sama ini tidak hanya menjadi sebuah dokumen saja, akan tetapi juga mampu untuk menghasilkan aksi konkret yang bermanfaat bagi bangsa, negara dan masyarakat Kalimantan Utara pada khususnya,” tutur Kapolda Kaltara. (humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *