Jurnalis Balikpapan Ikuti Pelatihan “Public Speaking” Gelaran PWI

TeropongKALTARA.com, BALIKPAPAN – Sebagian jurnalis Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengikuti Peltihan Public Speaking yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Balikpapan di Aula Rumah Jabatan Wakil Walikota, Klandasan, Jumat (8/12/2023).

Tidak hanya melulu jurnalis yang bernaung di bawah panji PWI yang hadir dalam peltihan pada bagian seni dari proses penyampaian pidato di depan publik dan seni ilmu komunikasi lisan secara efektif dengan melibatkan pendengar (audience) itu, tapi juga wartawan berbendera lain.

“Dalam acara ini, tidak saja hanya Pelatihan Public Speaking, tapi juga sebagai ajang silaturahmi bagi kita, insan-insan jurnalis. Acara ini kesempatan baik untuk kita bersilaturahmi sesama jurnalis,” ujar Ketua PWI Balikpapan Debi Aditiya, yang menymbut baik dengan hadirnya para wartawan, baik cetak maupun online.

Ditemani Sekrestaris PWI Muhammad Maulana, Bendahara Zaki dan pembawa acara (MC) Teguh Suwito, Debe-panggilan akrab Debi Aditiya, menghaturkan terima kasih kepada teman-teman seperjuangan, yakni wartawan-wartawan yang bersedia meluangkan waktunya untuk mengikuti Peltihan Public Speaking yang menghadirkan Sani Ghazali, selaku narasumber.

Dalam paparannya, Sani Ghazali mengungkapkan tentang bagaimana berkomunikasi dengan para audience lengkap dengan gerak tubuh, peragaan melalui tayangan/gambar di layar.

Salah satunya menampilkan gambar “SAH” metode Segment (Audiens Frame of Reference Point of Differentiation). Authentic (Content, Contect, Infrastrstucture). Headline (Visibility, Character, Loyalty).

Para jurnalis tampak serius mengikuti pelatihan dan memperhatikan apa yang dipaparkan Sang nara sumber.

“Ini pengalaman baru bagi wartawan, karena selama ini kerjanya berkutat dalam penulisan,” seloroh salah seorang wartawan usai mengikuti pelatihan. Selamat dan sukses selalu PWI Kota Balikpapan.*

Wartawan : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *