Wujudkan Masyarakat Sehat Perlu Transformasi Kesehatan Menyeluruh

TeropongKALTARA.com, TANJUNG SELOR – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara) Suriansyah, menyebut untuk mewujudkan masyarakat yang sehat diperlukan transformasi kesehatan secara menyeluruh.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun di halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara Selasa, (28/11/2023).

Sekprov memberikan motivasi kepada seluruh tenaga kesehatan, agar terus meningkatkan pelayanan dasar di masyarakat.

Meskipun belum meratanya akses layanan kesehatan di Kaltara lantaran kondisi geografis yang cukup luas dan sulit, menjadi tantangan dalam pemenuhan layanan kesehatan.

“Namun demikian, semangat itu tidak pernah surut. Pemprov Kaltara terus berinovasi demi terciptanya akses pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata untuk masyarakat, baik di perkotaan maupun di perbatasan daerah terpencil dan tertinggal, diantaranya dengan program layanan Dokter Terbang Kaltara Pro Lenteraku,” papar Sekprov.

Dijelaskan, Program Pro Lenteraku adalah layanan dokter spesialis yang menjangkau hingga daerah perbatasan daerah terpencil dan tertinggal yang jauh dari akses pelayanan pada daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan.

“Dengan kerja keras itu, Alhamdulillah, Pemerintah Provinsi Kaltara berhasil menjadi Top 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation Tahun 2023, yang diberikan Kementerian PAN-RB Republik Indonesia,” urainya bangga.

Selain itu, salah satu hal yang juga menjadi bukti komitmen pemerintah terhadap permasalahan kesehatan di masyarakat Kaltara adalah penanganan stunting.

“Menurut hasil Studi, Status Gizi Indonesia (SSGI), pada tahun 2022 prevelensi stunting di Provinsi Kaltara masuk dalam 3 Provinsi teratas dengan penurunan stunting terbanyak pada tingkat nasional dengan angka prevalensi stunting sebesar 22,1 persen. Angka ini mengalami penurunan sebesar 5,4 persen dari prevelensi di tahun 2021, yaitu 27,4 persen,” paparnya.

“Transformasi kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa adanya transformasi budaya kerja para insan kesehatan penerapan nilai ASN berAKHLAK,” tegasnya.

Karena itu, Sekprov Kaltara berpesan, agar para tenaga kesehatan dapat bekerja dengan kompeten, jujur dan selaras dalam mengawal serta menyukseskan transformasi kesehatan di Kaltara.

“Mari kita bekerja dengan sungguh-sungguh dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” ajak Suriansyah.

Di sisi lain, dilakukan penyerahan hadiah dari sejumlah kategori lomba, seperti Lomba Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK), Lomba Kader Kesehatan Remaja, Lomba Tenaga Kesehatan Teladan dan Pertandingan Tenis Lapangan.* (dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *