Bupati Wempi Ingatkan Kades di Malinau tak Tersangkut Hukum

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Bupati Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara Wempi W Mawa, mengingatkan kepada semua Kepala Desa (Kades) di seluruh wilayah Malinau, agar tidak tersangkut masalah hukum.

Penekanan itu disampaikannya kepada seluruh kades, baik yang hadir dalam pelantikan maupun yang baru saja dilantik, agar benar-benar tertib administrasi dan memahami aturan-aturan yang berlaku dalam mengelola keuangan desa.

“Karena, kita telah banyak mendengar banyaknya kades yang tersangkut dengan masalah hukum, karena salah dalam mengelola keuangan dan kewenangan lainnya,” tegas Bupati Wempi saat melantik para Kepala Desa Terpilih Tahap II Masa Bakti 2023-2029, di ruang Tebengang Kantor Pemda Malinau, Selasa (21/11/2023).

Sebagai seorang pimpinan daerah, sambungnya, Kades harus mampu menyerap dan menggalang aspirasi masyarakat secara bijaksana, karena seorang pemimpin harus menjadi perekat dan pemersatu.

Selmua Kades diingatkan, agar memastikan seluruh perangkat yang ada di desa untuk bersatu padu dalam menyusun dan mensukseskan visi-misi pembangunan kedepan.

“Ingat apa yang Bapak susun dalam RPJMDes, itulah yang menjadi acuan untuk Bapak kerjakan melalui APBDes yang Bapak miliki, sehingga masyarakat yang telah memberikan kepercayaannya kepada kita merasa puas dan berterima kasih, karena mereka tidak salah memilih Bapak sebagai kades yang menjadi pemimpin mereka,” tegasnya.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting untuk kades perhatikan adalah penyelesaian batas desa.

Persoalan ini menjadi hal yang sangat penting untuk diselesaikan, karena akan berpengaruh pada pelayanan kepada masyarakat di kawasan kerja masing-masing.

“Bagi desa yang masih memiliki masalah dengan batas desa, agar diselesaikan dengan baik dengan musyawarah mufakat, sehingga tidak memicu konflik di masyarakat pada kemudian hari,” saran Bupati Wempi.

SepetidDiketahui, sebanyak 28 kepala desa resmi dilantik dan seorang diantaranya sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW).

Sebagai Kepala Daerah, Bupati Wempi ingin para Kades yang baru dilantik agar siap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya serta penuh tanggung jawab dan siap mendarma-baktikan seluruh waktu, pikiran serta tenaga untuk melayani masyarakat.*

Wartawan : Selamat AL

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *