Pemkab Malinau Dorong UMKM Lewat Digitalisasi

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lewat digitalisasi untuk meningkatkan unit-unit usaha di daerah dalam memasarkan/ mengoptimalkan produk.

Dorongan itu diwujdukan dengan mengadakan pelatihan yang digagas Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop).

“Pelatihan untuk digitalisasi UMKM ini diharapkan dapat mendorong peningkatan unit usaha di Malinau,” ujar Wakil Bupati Malinau Jakaria, Sabtu (18/11/2023).

Diakui, saat ini perkembangan digitalisasi sangat berpengaruh di kehidupan masyarakat, tidak terkecuali dalam sektor perekonomian.

Untuk itu Wakil Bupati Jakaria, mengingatkan digitalisasi merupakan langkah jangka panjang yang secara langsung berkaitan dengan rencana jangka panjang daerah.

Tahun 2030 menjadi prioritas pemerintah daerah 12,72 persen untuk sektor pertanian dan 5,54 persen untuk sektor perdagangan, sehingga digitalisasi sangat diperlukan guna memudahkan para pegiat usaha dalam menjual produk yang ditawarkan.

UMKM menjadi perhatian pemerintah daerah saat ini, karena konsumsi dan permintaan diyakini akan meningkat seiring pertambahan penduduk dan program pembangunan di Malinau.

“Artinya, dalam beberapa tahun ke depan, permintaan juga akan meningkat seiring dilaksanakannya sejumlah program pembangunan di Malinau. Unit usaha harus siap dan dipersiapkan memenuhi kualifikasi untuk turut terlibat,” jelas Wabup Jakaria.

UMKM Malinau saat ini menjadi salah satu sektor perdagangan yang diharpkan dapat menjadi kontribusi terbesar bagi perekonomian daerah pada tahun 2025-2045 mendatang.

Demi memaksimalkan upaya tersebut pemerintah kabupaten Malinau melalui Disperindagkop mengadakan pelatihan koperasi.

Wabup Jakaria menegaskan, digitalisasi UMKM untuk bidang pemasaran ataupun pengenalan produk agar dapat dioptimalkan untuk dapat merealisasikan target investasi daerah.

Menurutnya, umumnya pelaku usaha di Malinau telah banyak memanfaatkan paltform digital, diantaranya melalui sosial media.*

Wartawan : Selamat AL

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *