Bupati Wempi Ajak Masyarakat Bersykur dan Introspeksi

TeropongKALTARA.com, MALINAU – Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Wempi W Mawa,  mengajak seluruh masyarakat setempat untuk menjadikan Peringatan HUT ke 24, selain sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan, juga sebagai momentum untuk mengintrospeksi terhadap apa yang telah diperbuat “Bumi Intimung” ini.

Kendati banyak tantangan dan rintangan yang dihadapi terutama faktor geografis yang sulit, juga pembatasan penganggaran serta sumber daya manusia, namun perlahan mampu terlalui.

Dengan keterbatasan ini pemerintah tetap berkomitmen agar pembangunan terus berjalan sebagaimana yang menjadi harapan masyarakat.

“Pemkab Malinau terus berupaya agar pembangunan yang dilaksanakan minimal dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” ucapnya, Senin (30/10/2023).

Dari upaya dan kerja keras yang telah dilakukan bersama sehingga di usia ke- 24 tahun ini beberapa capaian terus membaik antara lain kondisi perekonomian, pembangunan sumber daya manusia (SDM), tata kelola pemerintahan yang terus ditingkatkan serta upaya penumpasan kemiskinan yang memerlukan dukungan semua pihak.

Adapun upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan sektor perekonomian yaitu dengan terus mendorong sektor lapangan usaha pertanian melalui program Beras Daerah (Rasda) Plus.

Sementara, untuk penanganan kemiskinan meski tidak terdapat kemiskinan ekstrem tetapi pemerintah terus berupaya agar angka kemiskinan semakin berkurang.

“Adapun upaya yang harus dilakukan dengan mengoptimalisasi program perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat desa dan pembangunan sinergi dengan pemerintah desa dan wirausaha,” ungkapnya.

Demikian juga dengan peningkatan sumber daya manusia, pemerintah terus berupaya meningkatkannya melalui program Wajib Belajar Malinau Maju, Desa Sarjana serta Milenial Mandiri.

Sehingga kualitas pendidikan bisa lebih baik juga mampu menyediakan tenaga kerja yang bisa menjawab kebutuhan tenaga kerja saat ini dan masa depan terutama untuk mempersiapkan generasi emas 2045.

Untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan membudayakan pelayanan prima, menguatkan sektor pelayanan publik serta upaya pemenuhan fasilitas penunjang.*

Wartawan : Selamat AL

Editor : Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *